Sejarah
 
100_4981
100_5012
100_5019
mozaikgereja
pantiimam2017

Sejarah

Santa Monika adalah ibu dari St. Agustinus, tetapi namanya justru dipakai sebagai pelindung Paroki Serpong, yang adalah “anak” dari Paroki St. Agustinus Karawaci. Tidak masalah benar. Yang penting adalah sejauh mana hidup St. Monika telah menjadi inspirasi bagi kehidupan beriman umat paroki Serpong.

Pada tahun 70an hingga awal tahun 80an, ada sejumlah umat katolik di kawasan ini, dan mereka sudah mulai berkumpul untuk mengadakan berbagai kegiatan. Akan tetapi waktu itu “pusat” kegiatan tidak terletak di daerah Jl. Raya Serpong, melainkan di daerah Curug, terutama di Pusat Latihan Penerbang (PLP) Curug.

Pada Bulan September 1995 Dewan Stasi St. Ascencio menghadap Bapak Uskup Mgr Leo Sukoto untuk membahas berbagai perkembangan mengenai stasi ini, termasuk kemungkinan mengubah status stasi ini menjadi paroki.

Umat Paroki St. Monika memiliki latar belakang yang sangat beragam dari sisi ekonomi, pendidikan, dan etnis. Secara umum warga Paroki St. Monika (termasuk Stasi St. Odila dan St. Helena) adalah para pendatang.