Home
 
100_4981
100_5012
100_5019
mozaikgereja
pantiimam2017

Bacaan I : Raj. 3:5.7-12; Bacaan II : : Rm, 8:28-30; Injil : Mat. 13:44-52

HARTA SEJATI

 

Sebuah pertanyaan yg sering dilontarkan : “Apa yg kita cari dlm hidup ini ? Kekayaan, status, popularitas ?" Pernahkah kita berpikir utk mencari harta sejati yg tdk pernah habis ?” Injil hari ini (Mat 13:44-52) berbicara ttg HARTA SEJATI.
Diceriterakan ttg seseorg yg menemukan “harta terpendam dan mutiara yg indah”. Utk memperoleh harta yg sangat berharga itu, dia menjual seluruh harta miliknya. Harta yg sangat berharga itu adalah kerajaan Allah. Apa itu Kerajaan Allah ? Kerajaan Allah adalah suatu kondisi di mana Allah merajai sluruh ciptaanNya, termasuk manusia. Dkl, manusia menerima Allah sbg Raja atas seluruh hidupnya ! Apa makna Injil hari ini ?
Pertama, Kerajaan Allah sangat mahal, krn Kerajaan Allah adalah representasi Allah sendiri. Tidak ada satupun di jagat raya ini yg dpt dibandingkan dgn Sang Pencipta. “Tuhan adalah asal usul segala sesuatu; memberi nafas kehidupan pd setiap manusia” (2Mak 7:24).
Kedua, berani membayar harga. “Jikalau engkau hendak sempurna, juallah segala milikmu, berikan kpd orang miskin, maka engkau beroleh harta di surga ..lalu ikutlah Aku”. (Mat 19:21). Yesus adalah tanda kehadiran Kerajaan Allah. Maka siapa yg mau mengikut Yesus, harus berani membayar harga atau berkorban.
Ketiga, harta berharga itu ada di sekitar kita dan ditemukan dlm keseharian kita. Ketika kerajaan Allah hadir, maka hadir pula kasih. “Ubi caritas est vera, Deus ibi est - di mana ada kasih sejati, di situ Allah hadir" (1 Yoh 4:16). Dan kasih itu tdk perlu dicari jauh-jauh, tapi dpt ditemukan di dlm keluarga kita, di antara tetangga, lingkungan, tempat kerja, dll. Dlm video yg viral di medsos, Sri Paus menjawab pertanyaan :“Apakah dlm keseharian, seseorang bisa menjadi kudus ?” Sri Paus dgn yakin menjawab :“Bisa ! Yaitu dgn melakukan tugasmu sepanjang hari, berdoa, bekerja, dll dgn hati mengarah kpd Tuhan, bahkan ketika sakit dan dlm penderitaan slalu terarah kpd Tuhan. Maka kalian akan menjadi kudus". Menjadi “kudus” artinya dekat dgn Allah krn Allah adalah kudus. Dan ketika kita dekat dgn Allah, maka di sana hadir kerajaan Allah. Semoga kita slalu mencari "Harta Sejati" yaitu di mana Allah merajai hidup kita dan kita menjadi TANDA kehadiran Kerajaan Allah sendiri.