Home
 
100_4981
100_5012
100_5019
mozaikgereja
pantiimam2017

Seri 12

KRISTUS RAJA SEMESTA ALAM

 katekese20180204

 

Hari raya Tuhan kita Yesus Kristus Raja Semesta Allah adalah akhir dari tahun liturgi.
Makna dari perayaan ini adalah menyatakan Tuhan Yesus Kristus sebagai Raja.
Dirayakan pada akhir tahun liturgi untuk mengingatkan kita semua umat beriman bahwa Yesus Kristus adalah Raja di atas segala sesuatu.
Yesus Kristus bukan hanya Raja bangsa Yahudi, tetapi Raja semesta alam!
Pada awal tahun liturgi (Masa Adven) kita menyiapkan kedatangan Yesus Kristus yang pertama ke dalam dunia sebagai seorang bayi. Pada akhir tahun liturgi kita merayakan kemenangan mulia Yesus Kristus atas kematian-dosa, dan memerintah dengan jaya di dalam Kerajaan Surga. Pada akhir zaman, kita semua akan menyembah Dia dan melihat semua makhluk dan umat manusia dari segala bangsa dipenuhi dan bergembira dengan-Nya.
Dengan demikian, maksud dan tujuan Gereja universal merayakan tahun liturgi adalah untuk mengetahui Misteri-misteri Kristus di dalam seluruh aspek-aspek hidup-Nya. Mulai dari misteri penjelmaan menjadi manusia (perkandungan dan kelahiran) dan misteri Paskah (kesengsaraan, penyaliban, kematian, kenaikan ke surga). Peristiwa inkarnasi dan Paskah Yesus ini, menerangi seluruh kehidupan duniawi Kristus. Segala sesuatu yang dikerjakan dan diajarkan Yesus sejak awal sampai pada hari Ia terangkat ke surga (Kisah Rasul 1:1-2), kita pahami dalam terang misteri Natal dan Paskah.

Bersambung ... P. Tinus Sirken, O.S.C..